Cara Mengatasi Sinyal Wifi Lemah di Laptop Windows 8.1

Cara mengatasi sinyal wifi lemah di laptop yang terjadi pada sistem operasi windows 8 dan windows 8.1. Anda pasti sering mengalami koneksi limited saat menyambungkan laptop anda dengan wifi. Sebelumnya anda perlu mengetahui apa yang di maksud dengan koneksi limted itu, limited access pada jaringan komputer ialah kondisi dimana terganggunya koneksi WIFI, ataupun terkoneksi tetapi akses Internet tidak bisa berjalan dengan baik. Susahnya terhubung dengan internet disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) pada laptop anda atau pada wireless yang akan kita gunakan untuk internetan.

Masalah limited access biasanya terjadi karena beberapa faktor, yang umum sering kami jumpai adalah masalah konfigurasi ip address atau settingan ip komputer. Jadi wireless card tidak kompatible atau mungkin karena Microsoft telah otomatis mengganti driver wireless card Laptop saat update ke Windows 8.1. Jadi anda bisa cek terlebih dahulu driver wireless yang ada pada laptop anda yang menggunakan windows 8.
Cara Mengatasi Wifi Limited Access Windows 8 Paling Mudah, Mengatasi Koneksi WiFi Limited di Windows 8.1, Mengatasi Masalah Koneksi WiFi Windows 8

Limited access bisa juga terjadi karena device yang tersambung dengan jaringan WiFi tidak mendapatkan ip address. Misalnya sebuah wireless TP-Link yang hanya terbatas untuk beberapa user saja. Jadi setiap Wireless memiliki batasan dalam menampung pengguna atau user. Jika sebuah Wireless dengan spesifikasi yang kecil hanya bisa menampung sekitar 20 user, dan anda adalah user yang akan terhubung ke 21, maka anda tidak bisa terhubung dengan jaringan wirelss tersebut, jadi anda harus menunggu salah satu user disconnect atau terputus dengan jaringan wireles TP-link tadi, sehingga wireless di laptop anda bisa terhubung dengan wireless TP-Link, kira kira seperti itu.

Akan tetapi diluar kejadian yang saya jelaskan masih banyak faktor yang menyebabkan limited access terjadi seperti koneksi Internet yang tidak terhubung dengan baik, sehingga tentu saja tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas berinternet. Untuk cara pengecekan bisa anda lakukan dengan sistematis, dengan menganalisa dari penyebab yang paling mudah saja, disini jika anda baru menggunakan windows 8, windows 8.1 atau windows 10 sebenarnya hampir sama, lebih baik minta bantuan kepada orang bisa setting jaringan laptop bisa saudara atau teman. Tapi anda tidak perlu khawatir pada kesempatan kali ini saya akan bahas mengenai cara mengatasi wifi limited access windows 8 :

Sebelum Mengatasi Koneksi WiFi Limited di Windows 8.1, silahkan persiapkan laptop anda terlebih dahulu, siap praktek ya.

  1. Pastikan posisi wireless di laptop anda dalam keadaan aktif (on).
  2. Kemudian windows firewall yang ada di laptop anda bawaan dari windows, atau firewall dari Antivirus untuk silahkan di non-aktifkan. Menurut pengalaman beberapa kasus seperti firewall Antivirus Norton memiliki konflik tertentu dengan firewall pada Windows 8.1

Jika langkah persiapan sudah dilakukan silahkan baca dengan seksama cara agar windows 8 bisa terhubung dengan wifi berikut ini, ingat baca dengan seksama dan langsung coba praktekan. Jika ada yang belum dimengerti silahkan lewati caoba cara beikutnya dan tinggalkan komentar di blog ini.

1. Reset Koneksi WiFi

Langkah pertama dalam proses troublehooting koneksi jaringan Inernet dengan media WiFi adalah melakukan reset pada koneksinya sendiri. Hal ini bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset WIFI melalui panel taskbar yang. Caranya :

  1. Pilih Start - Control Panel - Network Connections;
  2. Pada bagian Wi-Fi, klik nama WIFI aktif saat ini;
  3. kemudian kik tombol Disconnect;
  4. kemudian klik Connect kembali, agar wireless laptop anda terhubung dengan Wifi, kemudian tes dengan coba lakukan browsing seperti biasa;

2. Restart Adapter WIFI.

Meriset adapter wifi cukup mudah dilakukan yaitu degan cara mematikan Adapter Wireless di Laptop / PC, kemudian di hidupkan kembali. Jika adapter Wireless berbentuk fisik seperti di PC misalnya, maka lakukan Restart hardware dengan tombol Power Off yang ada, untuk laptop, cukup Reset Wireless Adapter dengan menggunakan tombol fungsi FN di keyboard laptop anda dengan  gambar icon Wi-Fi di function key, biasanya tombol yang ada gambar sinyalnnya, untuk laptop Asus bisa digunakan Fn + F2, laptop Thosiba Fn+f12.

3. Ubah IP Address di Laptop

IP Address adalah alamat yang diberikan oleh Wifi untuk laptop anda,  setiap laptop akan diberikan ip address yang berbeda-beda dengan yang lainya. Artinya dalam 1 network internet tidak boleh ada IP Address yang sama. Apabila ada 2 device user yang menggunakan IP Adress yang sama, kemungkinan bentrok bisa terjadi. Jika demikian, pasti ada 1 device yang tidak berfungsi, dalam hal ini Limited. Biasanya, perangkat yang tidak berfungsi adalah perangkat ke-2 yang menggunakan IP yang sama.

Jika device menggunakan IP DHCP, lakukan langkah ke-4 dibawah untuk mengoptain IP Address baru. Untuk IP manual, silahkan ganti IP melalui control Panel dengan cara :

  1. Star - Control Panel;
  2. Klik dua kali pada Network and Internet;
  3. Klik pada Network and Sharing Center;
  4. Pada panel kiri, klik pada Change Adapter Settings;
  5. Pada list yang muncul klik kanan di koneksi Wi-Fi yang akan disetting kemudian klik Properties;
  6. Pada Properties, klik list paling bawah Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4), kemudian klik Properties;
  7. Masukan IP Address dengan IP Address ISP, atau IP Address yang bisa digunakan, dan klik OK;
  8. Tutup semua kotak dialog setting tadi yang masih terbuka;
  9. Biasanya butuh waktu beberapa menit sampai settingan IP baru diterapkan ke sistem.

4. Restart Laptop atau komputer PC

Restart Laptop / PC bisa menjadi solusi dimana Wi-Fi limited atau tidak terkoneksi, biasanya masalah yang terjadi akibat ini adalah dikarenakan temporary cache yang membebani sistem, fungsi Wireless Adapter notebook / PC yang bermasalah atau hang, dan bisa juga karena konfigurasi DNS cache yang bermasalah, dimana itu semua bisa di-clear atau dibersihkan dengan cara melakukan soft-reset atau restart notebook / PC.

5. Menghentikan service Bonjour

Service Bonjour merupakan service yang bisa berpotensi mengganggu stabilitas koneksi internet pada jaringan WiFi. Adapun salah satu solusinya adalah dengan mematikan service tersebut melalui Control Panel Windows 8. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk menu Start >> ke bagian Accessories >> Klik Run;
  2. Pada kotak isian Run, ketikmsc, kemudian tekan Enter;
  3. Pada kotak dialog yang muncul, klik kanan pada item Bonjour Service, klik Properties
  4. Pada kotak dialog yang muncul, klik Stop, kemudia atur menjadi Disabled, dan klik OK untuk menyimpan pengaturan, dan tutup semua kotak dialog pengaturan yang masih terbuka.

Setting Terminal

Pengaturan tambahan dilakukan melalui terminal dengan menambahkan skrip melalui langkah berikut ini :

  1. Buka menu Start >> ketik Command Prompt, lalu klik kanan pada hasil pencarian untuk Command Prompt >> dan klik Run As Administrator;
  2. Jika muncul kotak konfirmasi untuk menjalankan sebagai Administrator, klik untuk menyetujui;
  3. Pada kotak Terminal atau Command Prompt, ketik script berikut Satu-persatu agar jangan sampai ada yang terlewat :

netsh int tcp set heuristics disabled
netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
netsh int tcp set global rss=enabled
     4. Kemudian setelah semua diisi, tekan tombol Enter di Keyboard;
     5. Setelah selesai, untuk melakukan pengujian, ketikkan script di bawah ini di Terminal atau jendela Command Prompt :

netsh int tcp show global

Setelah selesai, lakukan restart pada notebook atau PC, dan coba jalankan WiFi kembali. Kemudian lakukan browsing seperti biasa untuk melakukan pengujian.

7. Restart Modem / Wireless Router

Modem adalah perangkat utama dimana bandwidth utama Internet dari ISP didistribusikan, sedangkan Wireless Router biasanya berupa perangkat Wireless yang berfungsi membagikan bandwidth dari perangkat utama-dalam hal ini dari Modem ke perangkat Client melalui jaringan wireless atau kita sebut Wi-Fi.

Masalah pada Modem atau Wireless router merupakan alternatif terakhir jika semua tahapan diatas sudah dilakukan dan koneksi masih sama seperti sebelumnya, atau masih Limited. Dan solusinya dilakukan dengan cara merestart hardware Wireless Router, kemudian merestart Modem, tunggu 5-10 menit. Setelah itu coba nyalakan lagi kedua perangkat tersebut dan coba tes koneksi Internet melalui perangkat Client.

Itulah tadi artikel blog saya mengani mengatasi masalah wifi yang limited accsess di windows 8, semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah atau troubleshoting network berbasis wireless di sistem jaringan Windows. Adapun untuk penyebab koneksi WiFi yang limited sebenarnya ada banyak dan bervariasi,akan tetapi apa yang tercantum diatas, sudah cukup merupakan tahapan dan penanganan yang paling umum terjadi pada masalah koneksi WiFi yang limited.

0 Response to "Cara Mengatasi Sinyal Wifi Lemah di Laptop Windows 8.1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel