Cara Isi Ulang Tinta Printer Sendiri (Printer Canon Mx 497 Katrid PG 745)

Cara Isi Ulang Tinta Printer Canon - Bagi anda yang memiliki printer Canon MX497 di rumah atau printer Canon lainnya menggunakan katrid PG 745 sebagaimana gambar yang ada di dalam postingan ini, dan ingin mencoba mengisi ulang sendiri tinta katrid tersebut akan tetapi belum mengetahui cara refillnya maka lebih anda menyimak artikel ini sampai tuntas karena di bawah nanti admin akan menjelaskan secara lengkap tutorial isi tinta printer dengan benar.

Cara Isi Ulang Tinta Katrid PG 745, Isi ulang tinta printer canon

Cara pengisian ulang tinta katrid PG 745 (hitam) memang sedikit berbeda dengan cara pengisian ulang tinta katrid CL 746 (warna) atau PG 40 dan CL 41 sebagaimana diposting pada kesempatan terdahulu di bawah judul: Cara Isi Ulang Tinta Printer. Perbedaan yang sangat mencolok terutama pada kemasan atas tangkinya yg mempunyai sekat ke dalam sehingga menyulitkan pengguna pemula menemukan lubang pengisian tinta.

Lubang pengisian tinta pada katrid ini memang sangat tersembunyi di dalam sekat, tidak seperti katrid tipe lainnya. Oleh karena itu admin menandai posisi titik lubang pengisian dengan lingkaran biru dan menandai posisi titik bukan lubang pengisian dengan tanda silang merah. Silahkan Sobat perhatikan lagi gambar katrid di atas.

Oke, sekarang mari kita lanjutkan membaca postingan Cara Isi Ulang Tinta Katrid PG 745 ini dengan seksama:

1. Buka tutup depan printer ( pintu depan ).

2. Buka tutup dalam printer ( pintu ruang katrid ) sehingga katrid berjalan ke tengah.

3. Setelah katrid betul-betul diam, lepaskan katrid dengan cara menekan tepi wadahnya ke bawah sambil menarik ke luar.

4. Setelah katrid berhasil dikeluarkan, buka stikernya.

5. Temukan titik lubang pengisian tinta pada sekat bagian tengah sebagaimana disinggung di atas.

6. Tusuk dan lebari lubang katrid dengan jarum/pin yang dipanaskan. Kalau masih belum terasa tembus, tusuk lagi dan lagi sehingga lubang tersebut memungkinkan jarum suntikan tinta dapat masuk secara normal ( tidak terlalu span and tidak terlalu longgar ).

7. Isi katrid dengan tinta ± 5 cc ( ± ¼ botol tinta hitam ) pada lubang yang sudah dilebari tadi.

8. Lap tinta yang mungkin belepotan di sekitar lubang dan head katrid dengan tisu agar hasil print-out-nya bagus.

9. Pasang lagi stikernya. Kalau sudah rusak, boleh ditutup pakai lakban atau isolasi. Kalau tidak ada, dibiarkan terbuka tidak masalah. Asalkan tinta tidak terlalu penuh, tidak akan tumpah. 

10. Masukkan lagi katrid ke tempat semula dengan cara mendorong ke depan perlahan-lahan sehingga terdengar bunyi beep.

11. Tutup ruang katrid sehingga terkunci lagi.

12. Selesai.

Setelah itu cobalah untuk meng-copy atau mem-print selembar dokumen dan lihatlah hasilnya. Apabila hasilnya bagus berarti cara pengisian tintanya sudah tepat dan tentu karena kondisi printernya masih normal. Tapi kalau ternyata hasil mem-print tadi kurang/tidak bagus, sangat dimungkinkan karena ada masalah pada cara pengisiannya atau pada katrid printernya sebagaimana di-share pada postingan  dibawah judul: Cara Atasi Masalah Pada Hasil Print Out.

Demikianlah Cara Isi Ulang Tinta Katrid PG 745 pada postingan kali ini, buat Sobat-Sobat KM semuanya khususnya pengguna pemula. Oke, semoga dapat membantu, sampai ketemu di lain waktu.

0 Response to "Cara Isi Ulang Tinta Printer Sendiri (Printer Canon Mx 497 Katrid PG 745)"

Posting Komentar