Tugas DHCP dan Keuntungannya

Tugas dan keuntungan dari DHCP - Tugas dhcp yaitu memberikan alamat ip secara otomatis ke claen. ip yang diberikan berasal dari ip server. 
Keuntungannya adalah kita sebagai pengguna dari jaringan tersebut tidak perlu memberikan ip secara manual. ip dari server juga dapat mudah dikontrol

DHCP (Dinamik Host Configuration Protokol) adalah berfungsi untuk memberikan ip pada Client lainnya. Dan Dhcp juga terbagi menjadi 2 ada seperti dhcp yang meminta Ip disebut Dhcp client,sedangkan DHCP yang memberikan Ip disebut DHCP Server. 

tugas dhcp dan keuntungannya


Soal Tugas dari DHCP dan keuntungannya beserta jawabannya

Apa fungsi dari DHCP ?

Fungsi dari DHCP adalah memudahkan pengalokasian alamat IP dalam suatu jaringan dan/ memberikan alamat IP secara terpusat pada suatu subnet atau lebih.


Sebutkan 4 langkah dan jelaskan tahap tahap penyewaan alamat ip dari sebuah dhcp server.

DHCP Discover adalah DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP Server yang aktif.

DHCP Offer adalah setelah DHCP Server menerima broadcast dari DHCP Client dan DHCP server kemudian menawarkan sebuah alamat kepada DHCP client.

DHCP Request adalah Client meminta DCHP server untuk menyewakan alamat IP dari salah satu alamat yang tersedia dalam DHCP Pool pada DHCP Server yang bersangkutan.

DHCP Ack adalah DHCP server akan merespons permintaan dari klien dengan mengirimkan paket acknowledgment. Kemudian, DHCP Server akan menetapkan sebuah alamat (dan konfigurasi TCP/IP lainnya) kepada Client, dan memperbarui basis data database miliknya. Komputer Client kemudian akan melakukan proses binding dengan himpunan protokol TCP/IP dan karena telah memiliki alamat IP maka Client pun dapat memulai komunikasi jaringan.




Apa yang dimaksud dengan exclude IP pada sistem DHCP?
Exclude IP adalah IP Address yang di kecualikan atau tidak boleh digunakan dalam range IP DHCP.

Apa yang dimaksud dengan IP Scope dalam sistem DHCP ?
Jawab : Yang dimaksud dengan IP Scope dalam sistem DHCP adalah alamat-alamat IP yang bisa disewakan kepada DHCP Client.

Apa yang dimaksud dengan SSID?
SSID adalah singkatan dari Service Set IDentifier yang berarti nama jaringan bersama di antara semua perangkat dalam jaringan wireless. SSID adalah case-sensitive dan tidak boleh melebihi 32 karakter. SSID harus identik untuk semua perangkat dalam jaringan wireless.


Apa yg dimaksud dengan limited connection ketika kita berusaha untuk tersambung ke dalam jaringan wireless?
Limited Connection adalah tanda bahwa kita tidak kebagian IP dalam suatu jaringan dikarenakan Admin membatasi banyaknya IP sehingga kita tidak dapat terhubung ke dalam jaringan tersebut.


Apa yg dimaksud dengan ip conflict dan cara mengatasinya?
Sebuah alamat IP konflik terjadi ketika dua komputer di LAN (local area network) atau Internet telah ditetapkan alamat IP yang sama. Konflik IP antara dua komputer biasanya membuat salah satu atau keduanya tidak dapat digunakan untuk operasi jaringan.

Ada konflik alamat IP dengan sistem lain pada jaringan.
Kadang-kadang, terutama pada komputer Windows yang lebih tua, pesan yang mirip dengan berikut ini sebagai gantinya mungkin muncul di jendela pop-up:

Sistem ini telah mendeteksi sebuah konflik untuk alamat IP
Pada komputer Mac atau Linux, pesan serupa biasanya akan muncul di layar.
Menyelesaikan Konflik IP Address


Cara mengatasi ip conflict
Untuk jaringan di mana alamat IP tetap (statis ditugaskan), memastikan setiap host lokal dikonfigurasi dengan alamat IP yang unik.

Jika komputer Anda memiliki alamat yang ditetapkan secara dinamis, melepaskan dan memperbarui alamat IP yang dapat konflik solusi alamat IP. Lihat juga - Bagaimana Rilis / Renew Alamat IP pada Windows

Jika router rumah Anda diyakini memiliki server DHCP yang rusak menyebabkan konflik IP pada jaringan rumah, upgrade firmware router dapat mengatasi masalah ini.


Bagaimana cara menggunakan DHCP?
Kita bisa menggunakan dhcp kapanpun kita suka, jika kita ingin mempermudah kinerja dalam pembagian IP dalam range tertentu, maka akan sulit jika melalukannya secara manual. Maka dari itu, lebih baik kita langsung saja menggunakan DHCP untuk mempermudah dalam pembagian IP.

Itulah tadi artikel tentang Tugas dan Keuntungan DHCP semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa like dan share kepada teman anda yang sedang belajar mengenai jaringan dasar komputer.

0 Response to "Tugas DHCP dan Keuntungannya"

Posting Komentar