Pengertian Mikrotik

Apa yang dimaksud dengan Mikrotik ? Pengertian Mikrotik adalah sistem operasi dan software yang dapat digunakan untuk membuat komputer menjadi router jaringan yang andal, termasuk fitur yang dibuat untuk jaringan IP dan jaringan nirkabel, cocok untuk digunakan oleh ISP, penyedia hotspot dan kafe.
Pengertian Mikrotik


Mikrotik dibuat agar mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sistem jaringan komputer kecil ke besar yang kompleks.

Akhir-akhir ini ada banyak bisnis warung yang menggunakan mikrotik sebagai router mereka, dan akibatnya mereka puas dengan apa yang mikrokosmos tersebut diberikan. Apalagi, kemajuan dunia nirkabel yang melayani beragam layanan mulai melirik yang satu ini. Berbagai fitur yang ditawarkan pada mikrotik antara lain:

  • Firewall dan NAT
  • Routing – Static routing
  • Data Rate Management
  • Hotspot
  • Point-to-Point tunneling protocols
  • Simple tunnels
  • IPsec
  • Web proxy
  • Caching DNS client
  • DHCP
  • Universal Client
  • VRRP
  • UPnP
  • NTP
  • Monitoring/Accounting
  • SNMP
  • MNDP
  • Tools


Fungsi Mikrotik adalah membuat setting koneksi internet bisa dilakukan secara terpusat dan memudahkan manajemen. Konfigurasi LAN bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan kebutuhan hardware yang sangat rendah.

Memblokir situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik. Membuat Server PPPoE. Hotspot penagihan Pisahkan lalu lintas bandwith internasional dan lokal, dan banyak lagi.

Pengertian Mikrotik RouterBoard adalah hardware (router) yang dirancang oleh MicroTik. RouterBOARD mempunyai bermaca-macam seri dan interface yang disesuaikan. RouterBOARD menggunakan RouterOS sebagai perangkat lunak / sistem operasinya.

Jenis-jenis mikrotik Routerboard ini yaitu RB400, RB600, R52H, R52N, R2N yang merupakan mainboard Nirkabel dan RB750, RB450G, RB1000 yang merupakan sistem Embeded (minimum system) Router.

Mikrotik RouterBOARD mempunyai sistem pengkodean yang spesifik contohnya mikrotik RouterBOARD RB433 seperti yang dijelaskan di atas memiliki arti sebagai berikut:

RB433
Kode lainnya yang terdapat dibagian dibelakang tipe:

U  –  dilengkapi port USB
A  –  Advanced, biasanya level 4 atau diatasnya
H  – High Performance, Processor lebih tinggi
R  –  dilengkapi Wireless Card embedded
G  –  dilengkapi port Ethernet Gigabit

Pengertian Mirotik Router OS

Pengertian MikroTik RouterOS adalah sistem operasi basis dasarnya adalah Linux yang bertujuan sebagai router jaringan. Dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Administrasi bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox).

Selain itu instalasi bisa dilakukan pada Standard PC (Personal Computer). PC yang akan digunakan sebagai router mikrotik tidak memerlukan sumber daya yang cukup untuk penggunaan standar, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk beban besar (jaringan yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai.


Sejarah MikroTik RouterOS 

MikroTik adalah perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Formasinya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah warga negara Amerika yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia dia bertemu Arnis, seorang lulusan Fisika dan Mekanika sekitar tahun 1995.

John dan Arnis mulai merutekan dunia pada tahun 1996 (misi MikroTik adalah routing di seluruh dunia). Pertama kali dengan sistem operasi Linux dan MS-DOS yang digabungkankan dengan teknologi LAN-nirkabel 2 Mbps Aeronet (WLAN) di Moldova, negara tetangga Latvia, baru-baru ini melayani lima pelanggannya di Latvia.

Prinsip dasarnya bukan untuk membuat Wireless ISP (W-ISP), tapi untuk membuat program router yang andal dan bisa dieksekusi di seluruh dunia. Latvia sebagai rumah uji coba atau riset untuk John dan Arnis, karena mereka sudah membantu negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar 400 pengguna.

Pertama kali menggunakan Linux  Kernel 2.2 yang dikembangkan bersama oleh 5-15 staf penelitian dan pengembangan (R & D) MikroTik yang kini mendominasi dunia routing di negara-negara berkembang. 

Menurut Arnis, selain staf di lingkungan MikroTik, mereka juga merekrut pekerja bebas dan pekerja pihak ketiga yang secara intensif mengembangkan MikroTik secara maraton.


JENIS-JENIS MIKROTIK

1.MikroTik RouterOS yang berbentuk aplikasi yang anda unduh di http://www.mikrotik.com. Dapat diinstal pada kompuetr rumahan (PC).

2.BUILT-IN Hardware MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang didalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS.

0 Response to "Pengertian Mikrotik"

Posting Komentar