Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen

Mungkin Secara sengaja atau tidak, tentunya anda pasti pernah mengalami hal seperti ini bukan? Kehilangan data yang dibutuhkan, mungkin kehilangan foto, gambar, atau file dokumen yang penting atau memang anda harus mengembalikan file itu secara seketika karena tuntutan dari pekerjaan. Jadi, bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus permanen?

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen


Sebenarnya file yang sudah terhapus atau dihapus pada komputer anda tidaklah benar-benar hilang biasanya masih ada di Recycle Bin, tetapi jika sudah di hapus  dari recycle bin maka ada sebuah fitur pada sistem yang bertugas untuk menampung file yang dihapus tersebut, tapi terkadang kita lupa dan mengabaikannya, sehingga file tersebut terkesan seperti hilang permanen dan tidak mungkin bisa untuk di recovery data kembali .

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen


  1. Download dan install aplikasi yang software PC Inspector File Recovery. Kemudian jalankan program PC Inspector File Recovery, anda akan menemukan tiga pilihan untuk mengembalikan data yang hilang yaitu Recover deleted files, Find lost data dan Find lost drive. Silahkan anda pilih yang Find deleted files.
  2. Setelah itu akan tampil macam-macam Drive atau tempat penyimpanan yang ada di komputer anda, dalam hal ini anda tinggal memilih saja dimana tempat file yang hilang tersebut sebelumnya berada, biasnya file yang terhapus di Local Disk D. setelah memilih drive, klik tombol centang warna hijau yang ada di sebelah kanan.
  3. Silahkan anda tunggu proses scanning, proses scanning ini tergantung ukuran drive anda dan banyak data di Drive tersebut. Anda juga bisa mengecek status kondisi dari file yang ingin dikembalikan apakah dalam kondisi rusak atau masih bagus, jika status masih bagus berarti file tersebut sangat memungkinkan untuk dikembalikan lagi.
  4. Selanjutnya, kamu tandai file - file yang ingin di kembalikan, klik kanan > Save to (tempat dimana anda akan menyimpan file yang di restore). Setelah selesai, maka proses restoring akan berjalan, menurut pengalaman biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung jumlah dan ukuran dari file yang akan di restore.
Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Baca juga Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android tanpa root

Banyak sekali software recovery data yang bisa anda gunakan, tetapi untuk saat ini sepertinya PC Inspector File Recovery lebih tepat untuk digunakan. Selain gratis, software ini juga mudah dalam penggunaannya.

0 Response to "Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen"

Posting Komentar